kembangapi_2

Thursday, February 22, 2007

Persyaratan Penulis Kembang Api 2

“M e n u l i s K e m b a n g A p i 2”

Proyek Menulis Kembang Api 2 adalah proyek lanjutan buku kumpulan cerita pendek yang digagas oleh Gerakan Peduli Sekitar Kita (GPSK). Kali ini cerita pendek yang akan dikumpulkan adalah cerita pendek yang diinspirasikan dari cerita rakyat. Dari cerita rakyat yang ada di seluruh pelosok tanah air Indonesia ini, banyak hal yang bisa kita gali, pelajari, dan kita interpretasi sesuai dengan zaman terkini.

Adapun syaratnya adalah sebagai berikut:
1.Penulis adalah anak muda BDI dan/atau volunteer GPSK.
2.Naskah asli, bukan saduran dan belum pernah diterbitkan sebelumnya.
3.Cerita pendek yang ditulis berdasarkan inspirasi penulis atas 25 cerita rakyat yang telah dipilih GPSK. Materi cerita rakyat dapat dilihat di www.kembangapi2.blogspot.com
Penulis dapat mencari versi lain dari 25 cerita rakyat yang telah dipilih tersebut, namun harus mencantukan sumber pustaka/online dengan lengkap.
4.Penulis bebas menginterpretasikan cerita rakyat tersebut melalui:
-mengubah setting waktu dan tempat cerita yang disesuaikan dengan zaman sekarang
-tetap menggunakan setting waktu dan tempat seperti dalam cerita rakyat, tetapi membuat pemaknaan (memberi makna) baru.
6.Tema cerita pendek yang ditulis adalah : CINTA, dalam kaitannya dengan segala bentuk hubungan manusia (suami-istri, orang tua-anak, kakak-adik, individu-masyarakat, dan lain sebagainya).
5.Panjang naskah maksimal 8 halaman folio, diketik dua spasi, font. Arial 11

Naskah diterima oleh GPSK paling lambat pada tanggal 20 Maret 2007, melalui email pedulisekitarkita@yahoo.com atau melalui pos ke Jalan Padang 30, Jakarta Selatan 12970.

Naskah harus disertai biodata singkat penulis. Setiap naskah yang terpilih akan mendapat honor yang layak dan naskahnya akan diterbitkan dalam buku kumpulan cerpen Kembang Api 2.

Bila ada pertanyaan berkaitan dengan proyek penulisan Kembang Api 2, dapat ditanyakan melalui email ke loverenn@gmail.com

Selamat Menulis!

Salam,

Gerakan Peduli Sekitar Kita

0 Comments:

Post a Comment

<< Home